Saturday, September 21, 2013

Rontok Bulu Pada Bebek







     A.   Periode Rontok Bulu Pada Itik
Secara alami itik akan mengalami rontok bulu, dengan manajemen dan perawatan yang baik itik akan berhenti bertelur setelah 12-14 bulan. Artinya setelah bertelur itik akan istirahat produksi, kira-kira 1,5 -2 bulan sampai bertelur kembali.
     B.   Faktor Penyebab
a.   Secara Alami
Rontok Bulu merupakan proses alami yang tidak bisa dihindari, merupakan fase istirahat produksi.
b.   Sengaja
Rontok bulu yang disengaja,  dilakukan oleh peternak karena harga telur yang rendah. Itik di rontokkan bulunya secara serentak, tujuannya pada saat harga telur naik itik bisa berproduksi tanpa dihambat rontok bulu.
c.    Kesalahan manajemen
Dalam kasus ini itik mengalami rontok bulu karena beberapa faktor seperti diberi katul kasar, ketersediaan pakan yang tidak menentu. Rontok Bulu
     C.   Lama Rontok Bulu
Secara umum rontok bulu berlangsung 3 minggu sampai 1 bulan, dan pembentukan bulu 0,5 -1 bulan.
     D.   Pemeliharaan
Pada awal rontok bulu dalam satu populasi produksi mengalami penurunan 10-20 % dan terus menurun sampai 1 bulan, rontok bulu tidak serentak dan kerugian pakan. Pada saat terjadi rontok bulu yang tidak sama sebaiknya di serentakkan dengan pemberian pakan kualitas rendah ( hanya diberi katul halus saja) sampai 3 minggu sampai rontok bulu total. Kemudian minggu selanjutnya diberikan pakan dengan kualitas baik dengan perbandingan katul/ kebi dengan konsentrat 1: 6, 1:5, 1:4, 1:3 sampai produksi kembali normal.
     E.   Lama Produksi Telur
Dengan manajemen pakan dan pemeliharaan yang baik itik mampu produksi 12-14 bulan, dengan pakan kualitas baik, pemeliharaan prima dan ternak sehat

semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment